Mood (under) Maintanance

Perlu waktu tiga bulan bagi saya untuk meng-update kembali tulisan kedua di blog ini. Bukan karena ngga ada waktu atau buntu ide, tapi lebih karena saya masih moody. Sebagai orang yang moody terkadang saya merasa kesulitan untuk mengurus mood.

Kalau kamu juga termasuk orang yang moody (seperti saya) apa yang seharusnya dilakukan supaya hari-hari kamu bisa berjalan dengan baik? Cek beberapa trik dari saya :

1. Awali dari bangun tidur

Sebelum memulai beraktivitas, sebaiknya kamu tahu rencana apa saja yang mau ‘dieksekusi’ selama satu hari. Kalau perlu rencana ini sudah disiapkan dari malam sebelum tidur (kalua engga kecapean), jadi di pagi hari kamu bisa mulai ‘menyusun’ mood. Sisihkan waktu lima sampai sepuluh menit untuk menata mood sebelum beranjak dari tempat tidur. Mandi, sholat, dan sarapan bisa memunculkan mood positif.

2. Lakukan Hal Yang Kamu Sukai

Saya termasuk orang yang percaya kalau mood baik atau buruk di pagi hari akan mempengaruhi aktivitas seharian. Nah, kalau kamu lagi ‘bad mood’ dan ngga mau hari kamu rusak, sebaiknya mulai rehat sejenak untuk melakukan hal yang kamu sukai.

3. Tenangkan Diri

Saat ‘bad mood’ biasanya terasa malas untuk mengerjakan banyak hal. Ada baiknya kamu diam sejenak untuk menenangkan diri. Kalau kamu termasuk orang yang suka ‘sharing’ dengan teman, hal ini juga bisa dilakukan untuk memperbaiki ‘mood’. Kamu juga bisa menenangkan diri dengan bantuan air. Ya, meminum segelas air hangat atau berwudhu (bagi yang muslim) bisa memberikan efek menenangkan dan tentunya memperbaiki ‘mood’.

bad_mood

4. Makan

Menurut sebuah penelitian seperti yang dilansir Times of India dikutip dari Wollipop, makanan yang mengandung lemak omega-3, asam folat dan vitamin B12 dapat mengubah mood yang buruk jadi lebih baik. Cokelat, pisang, susu, kacang, dan kopi merupakan lima jenis makanan yang memiliki kandungan seperti yang disebutkan di atas.

5 Membuat skala prioritas

Kalau kamu memiliki lebih dari satu agenda dalam sehari dan salah satu agenda tersebut membuat mood rusak, kamu perlu menata mood agar agenda berikutnya tetap bisa berjalan mulus. Mulai saat ini usahakan untuk mulai buat skala prioritas hal apa saja yang akan dilakukan dalam sehari dan apa saja yang harus rampung lebih awal.

Nah, kira-kira begitu trik yang biasa saya lakukan kalau sedang dilanda ‘bad mood’. Semoga saya bisa tetap menjaga mood dan rajin update blog ini..hehe

Semoga bermanfaat

Leave a comment